Counter Up - Counter Down & Register Geser Seri - Register Geser Paralel

Counter atau pencacah adalah suatu peranti elektronik yang digunakan atau dapat digunakan untuk menghitung jumlah pulsa yang masuk melalui inputnya. Peranti ini terdiri dari satu atau lebih flip-flop yang dirangkai sedemikian rupa sehingga setiap pulsa masukan akan menambah nilai cacahan. jadi fungsi counter adalah untuk mencacah. jenis-jenis counter terdiri dari berbagai macam diantaranya adalah up Counter, down counter, up down counter dan counter modulo n.
Dalam kehidupan sehari-hari Contoh dari counter adalah pada tasbih digital.Pada tasbih digital setiap sobat memencet tombol maka nilai pada layar akan bertambah. Semakin banyak sobat memencet tombol maka nilai akan bertambah semakin banyak.

Counter Up

Up counter adalah rangkaian counter yang berfungsi menghitung naik. Contoh up counter adalah pada tasbih digital seperti contoh diatas.
rangkaian up counter dapat dibuat dengan menggunakan D Flip-flop maupun JK Flip-flop. Berikut merupakan skema rangkaian up counter menggunakan JK flip-flop :

Counter Down

Down counter adalah rangkaian yang berfungsi menghitung turun. Counter jenis ini dapat ditemui pada lampu lalu lintas dimana bilangan akan menghitung mundur sampai angka 0. Contoh skemanya adalah sebagai berikut :

Selain dibuat menjadi rangkaian counter flip-flop dapat juga dibuat untuk merangkai register geser. Contoh penggunaan register geser atau shift register adalah pada kalkulator. Pada kalkulator saat kita menekan digit angka maka akan muncul angka pada sebelah kanan. Kemudian pada saat kita menekan digit angka lagi maka digit tersebut akan muncul pada sebelah kanan dan digit yang pertama tadi akan bergeser ke sebelah kiri. Seperti itulah pengertian register geser. Register geser merupakan memori sementara karena menyimpan data yang kita masukkan.
Adapun fungsi dari register geser adalah sebagai berikut :
  • Menyimpan data biner untuk sementara
  • Merubah data dari seri menjadi paralel
  • Merubah data paralel​ menjadi seri

Register SISO (Serial Input Serial Output)

Register SISO adalah register geser dengan masukan berupa data seri dan dikeluarkan secara seri. Contoh rangkaian register siso dengan menggunakan D Flip-Flop :

Register SIPO (Serial Input Paralel Output)

Register SIPO adalah register geser dengan masukan data seri dan dikeluarkan secara paralel. Register geser SIPO dapat digunakan untuk merupakan data serial menjadi data paralel. Contoh rangkaian register sipo adalah sebagai berikut :

Register PISO (Paralel Input Serial Input)

Register PISO adalah jenis register geser dengan masukan data paralel dan dikeluarkan secara seri. Register PISO dapat digunakan untuk merubah data paralel menjadi data serial. Contoh rangkaian register piso adalah sebagai berikut :

Register PIPO (Paralel Output Paralel Input)

Register PIPO adalah register geser dengan masukan data secara paralel dan dikeluarkan secara paralel. Contoh rangkaian register pipo adalah sebagai berikut :
Register geser sering diaplikasikan pada rangkaian dot matriks, 7 segment, ataupun lcd  dengan menggunakan teknik scanning.




Sumber :
www.uniksharianja.com/2015/05/counter-atau-rangkaian-pencacah.html
www.uniksharianja.com/2015/05/register-sebagai-alat-penyimpan-data-digital.html
ritz-fansubs.blogspot.com/2015/01/pengertian-fungsi-dan-jenis-rangkaian.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer